Senin, 14 Desember 2009

Kabel Jejaring Menjadi Krusial

Kabel Jejaring. (Foto : Kompas/Rene L Pattiradjawane)***

KABEL JEJARING

Menjadi Krusial

Kemajuan pertukaran komunikasi dan informasi yang bisa terjadi setiap waktu di mana saja sudah tak lagi menjadi sebuah impian. Ini adalah sebuah kenyataan yang bisa disaksikan di mana saja di dunia ini.

Akses informasi data kecepatan tinggi sekarang dianggap kunci utama untuk bisa menjadi pelopor di era masyarakat informasi sekarang ini. Kunci utama akses kecepatan tinggi ini terletak pada penggelaran kabel dengan sistem sempurna yang memungkinkan mendorong informasi dalam jumlah besar.

Sistem penggelaran kabel pun menjadi penting ketika jumlah komputer bertambah banyak atau sistem teknologi berbasis protokol internet (IP), seperti IP Cam, digunakan memberikan rasa aman dan nyaman.

Kabel jejaring lokal (LAN) yang dicoba Kompas adalah buatan Leading Solutions (LS) Cable Company Ltd, anak perusahaan LG Company, asal Korea Selatan yang bergerak di berbagai bidang teknologi, komunikasi, dan elektronika.

Ada dua jenis kabel yang dicoba, masing-masing Cat-6 UTP yang tidak diproteksi untuk keperluan dalam ruang dan Cat-6 STP yang dilapisi pelindung (shielded) untuk keperluan luar ruang. Kabel LS jenis Cat-6 (Category-6) ini memiliki panjang sampai dengan 305 meter dan mampu mentransmisi data pada kecepatan 1 gbps, kecepatan ideal untuk menikmati kemajuan teknologi multimedia digital.

Penggunaan dan pemilihan kabel LAN di rumah atau bagi keperluan bisnis usaha kecil menengah menjadi penting untuk memastikan data-data digital yang diterima dan dikirim bisa secara cepat dan tepat mencapai tujuan. Kabel LAN buatan LS Cable Company Ltd ini teruji dan memiliki kualitas yang baik dibandingkan kabel sejenis yang ada di pasaran.

Kabel Cat-6 STP asal Korea Selatan ini, misalnya, menjadi krusial ketika terjadi perubahan iklim terus-menerus seperti sekarang ini. Ideal untuk penggunaan IP Cam luar ruangan, dilapisi pembungkus aluminium, mampu bertahan pada cuaca panas yang terik, bertahan dengan kecepatan stabil saat cuaca berubah mendung dan turun hujan menurunkan suhu secara drastis. (rlp)

Source : Kompas, Senin, 14 Desember 2009 | 04:29 WIB

0 Comments:

 

Site Info

free counters

Followers

bisnisreang@yahoo.com Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template