Rabu, 23 Desember 2009

Menjelang Tahun Baru 2010, Terjadi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Harga Bahan Pokok Beranjak Naik

JAKARTA - Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2010, harga beberapa bahan pokok di berbagai daerah beranjak naik. Bahkan, di Palembang, Sumatera Selatan, harga gula pasir cenderung tidak terkendali.

Berdasarkan pemantauan Kompas, Selasa (22/12) kemarin, di pasar Cinde dan Plaju, Kota Palembang, gula pasir yang sehari sebelumnya berada pada kisaran Rp 9.500 per kilogram naik menjadi Rp 11.000 hingga Rp 11.500 per kilogram.

Di wilayah Jawa Timur, harga- harga kebutuhan masyarakat itu, terutama beras, juga naik. Pedagang dan konsumen berharap pemerintah menggelar operasi pasar untuk menekan harga yang terus membubung.

Sejumlah pedagang di Pasar Pagotan, Kabupaten Madiun, urung menjual beras sejak beberapa hari terakhir karena harganya terlampau tinggi. Tidak hanya itu, beras juga semakin sulit ditemukan. Pasokan beras ke pasar pun berkurang banyak.

Di Pasar Pagotan, harga beras saat ini dijual Rp 5.500 per kilogram (kg). Padahal, sekitar dua pekan yang lalu harga beras masih sekitar Rp 4.500 per kg. Kenaikan harga beras rata-rata 10 persen hingga 15 persen dalam dua pekan terakhir itu juga terjadi di Kediri, Jember, Jombang, dan Madiun.



Operasi pasar

Kepala Subdivre Perum Bulog Madiun Bambang Utomo mengatakan, kenaikan harga beras dan sulitnya beras ditemukan ini disebabkan sejumlah faktor. Faktor utama, adanya pengepul yang sengaja menunda menjual beras, menunggu sampai dikeluarkannya harga pembelian pemerintah untuk gabah dan beras yang baru pada awal tahun 2010. Faktor lain, tidak ada petani yang panen dan tingginya permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru.

”Bulog Madiun sudah menyiapkan 2.000 ton beras dari total stok sebanyak 9.800 ton untuk persiapan operasi pasar guna menstabilkan harga. Namun, operasi pasar tak bisa dilakukan sebelum ada permintaan dari pemerintah,” katanya.(Tim Kompas)
Source : Kompas, Rabu, 23 Desember 2009 | 03:27 WIB



0 Comments:

 

Site Info

free counters

Followers

bisnisreang@yahoo.com Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template